Angina Pectoris

Angina Pectoris

Kamis, 19 Mei 2011

BRUJERIA!!!


Brujeria adalah band ekstrem metal yang terbentuk di Tijuana, Meksiko. Brujeria terbentuk di sebuah pesta pada tahun 1989, di mana saat itu banyak diskriminasi terhadap para metalheads Amerika Latin. Selain itu, mayoritas kelompok ekstrem di daerah itu bernyanyi dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu para pendiri membentuk band Grindcore dan Death Metal yang mewakili komunitas Hispanik. Mereka terdiri dari : sang gitaris Asesino (Dino Cazares) dan Jello Biafra. Drummer Fantasma (Pat Hoed), basist Guero Sin Fe (Billy Gould), dan vokalis Juan Brujo (Juan Lepe).

Mereka sengaja memakai nama samaran karena kebanyakan dari mereka adalah personil band yang sudah terkenal. Dino Cazares adalah personil band 'Fear Factory', Pat Hoed adalah personil 'Down By Law', dan Billy Gould personil 'Faith No More'. Brujeria sebenarnya adalah side-project dari gitaris Dino Cazares yang mana juga menampilkan para selebritis metal seperti Billy Gould, Nicholas Barker (mantan drummer "Cradle Of Filth" dan "Dimmu Borgir"), Raymond Herrera (Fear Factory), Jeff Walker (mantan personil "Carcass" dan "Blackstar"), dan Shane Embury (personil Napalm Death dan Lock Up). Nama Brujeria sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti "Sihir". Lirik-lirik Brujeria pun sepenuhnya mengguanakan bahasa Spanyol.

Sejak awal terbentuknya band ini sudah menuai banyak kritik karena lirik mereka tentang drugs, sex dan satanism. Ini karena memang konsep mereka yang terinspirasi dari kisah ritual setan yang mengguncang Meksiko pada 11 April 1989 di Rancho Santa elena, Matamoros. Pada tahun ini juga Brujeria merilis single "¡Demoniaco!" dan "Machetazos" dua tahun kemudian. Pada rilis single "Machetazos" ini Jeff Walker keluar dari band, sehingga menggeser Pinche Peach ke vokal dan Raymond Herrera ke drum (Pat Hoed menjadi vokalis ke-dua). Single "Machetazos" dan "El Patron" di produksi dan di distribusikan oleh Jello Biafra melalui label Alternatif Tentacles Records.

Full-length album pertama mereka, "Matando Gueros" (1993) menuai kontroversi karena cover album ynag menampilkan tangan yang memegang kepala manusia yang terpotong tanpa tubuh. Tetapi justru kemudian gambar ini menjadi lambang mereka, mengubahnya menjadi maskot mereka yang kemudian dikenal sebagai "Coco Loco".Berkat rumor dan isu ini pula Brujeria menjadi semakin terkenal. Pada album ini juga Brujeria menetapkan Shane Embury sebagai bassist tetap pada lineup mereka.

Tahun 1995 mereka merilis album kedua "Raza Odiada" dengan tema seperti biasanya namun dengan perubahan yang signifikan pada musik mereka. Album ini berisi single "La Ley De Plomo" yang video musicnya terbukti sukses di chanel-chanel musik seperti MTV. Meskipun Brujeria semakin populer, mereka tetap memilih untuk anonim dan menolak berbagai tawaran untuk tampil live (kecuali untuk even-even tertentu). Dua tahun kemudian mereka meluncurkan EP "Marijuana" yang menampilkan cover parodi lagu "Macarena" dan empat lagu dari konser resmi pertama mereka.

Kemudian pada tahun 1999 mereka merilis "Spanglish 101". Sebuah album kompilasi dari artis-artis label Kool Arrow Records yang memprotes dominasi bahasa Inggris. Pada album ini Brujeria merilis beberapa lagu baru : March of Hate yang kemudian dimasukkan ke dalam album berikutnya ("Brujerizmo" dan "Don Quijote Marijuana").

Pada rilis album "Brujerizmo" tahun 2000, ada tambahan beberapa personil. Nicholas Barker pada drummer kedua, Jesse Pintado pada gitar dan Gaby Dominguez mengisi vokal perempuan. Album ini sangat laris dan masuk nominasi Latin Grammy 2001 untuk kategori Best Rock Album. Penghargaanini dimenangkan oleh band "La Ley" dan seperti yang sudah diperkirakan, Brujeria tidak tampil pada acara penyerahan.

Rilis berikutnya adalah sebuah album kompilasi, "Mextremist!Greatest Hits". Sebenarnya ini bukan album kompilasi, tapi lebih mirip "rareties" atau "B sides". Karena sebagian besar lagu-lagunya bukan versi album, tapi versi EP dan singles. Setelah vakum beberapa tahun karena perselisihan antar personil (Dino Cazares danJuan Brujo) akhirnya pada tahun 2007 mereka melakukan reformasi pada band dan memutuskan untuk kembali konsentrasi pada Brujeria. Dalam sebuah wawancara pada bulan Juni 2009, Shane Embury mengatakan bahwa album ke-empat harus sudah siap akhir tahun 2010 ini dan kemungkinan akan di rilis tahun ini juga.

Personil :
Juan Brujo (Juan Lepe), vocals 1989-sekarang
Pinche Peach, vocals-sampling 1989-sekarang
Fantasma (Pat Hoed), bass-vocals 1989-sekarang
El Cynico (Jeffrey Walker), bass 2006-sekarang
Hongo (Shane Embury), gitar (sebelumnya bass) 1989-sekarang
Podrido (Adrian Erlandsson), drums 2006-sekarang
Pititis (Gaby Dominguez), backing vocals-guitars

Mantan Personil :
Asesino (Dino Cazares), guitars 1989-2005
Hongo Jr (Nicholas Barker), drums 2000-2005
Guero Sin Fe (Billy Gould), bass-guitars 1989-2002
Grenudo (Raymond Herrera), drums 1993-2002
El Angelito (Tony Laureano), drums 2006
El Embrujado (Patrik Jensen), guitars 1997
Cristo de Pisto (Jesse Pintado), guitars 2000
El Sadistico (Emilio Marquez), drum
Jr Hozicon, director
Marijuano (Control) Machete DJ (Antonio Hernandez) , vocals-electronics-samples

Diskografi :
El Patron, singles (1994)
Best of Grindcore and Destruction, album kompilasi (1994)
Raza Odiada, full-length album (1995)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar